Custom Search

2019-09-26

ULASAN SEPUTAR CARA PAKAI DAN FUNGSI MENTEGA PUTIH

Teman-teman yang hobby membuat kue pasti familiar kan dengan bahan bernama mentega? Berbeda dengan saya yang masih sering bingung dengan jenis-jenis mentega. Bahkan saya pernah salah membeli jenis mentega yang akhirnya membuat kue yang saya buat jauh dari kata sempurna alias hancur lebur, hehehe.
 
Roti sobek dengan mentega putih
 
Kenapa kue yang saya buat hancur lebur? Tentu saja karena jenis mentega yang saya pakai berbeda dengan jenis mentega yang ada di resep. Akibat kesalahan tersebut saya jadi rajin mencari informasi tentang mentega. Informasi yang saya dapat menuliskan bahwa setiap jenis mentega memiliki fungsi dan cara pakai masing-masing. Nah lho, kok saya baru tahu, hehehe. 

Salah satu jenis mentega yang berteman akrab dengan para pembuat kue adalah butter. Mentega atau butter termasuk salah satu produk hasil olahan dari susu sapi yang cukup populer. Olahan dari lemak susu sapi ini nantinya akan menghasilkan rasa yang gurih sehingga kerap kali dijadikan bahan tambahan dalam pembuatan kue. Begitu pun untuk masakan karena dapat menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat.

Butter sendiri memiliki jenis yang beragam, termasuk diantaranya adalah mentega putih alias white butter. Seperti namanya, mentega putih memiliki warna yang putih bersih tanpa noda. Eh, mirip iklan pembersih pakaian ya, padahal maunya iklan kecantikan, hihihi. Sebab menurut legenda cerita, mentega putih memiliki kalori yang sedikit sehingga baik digunakan dalam menurunkan dan menjaga berat badan. Tidak hanya itu, mentega putih dipercaya mengandung vitamin E yang dapat membantu kulit agar tetap kenyal dan sehat.

Penasaran bagaimana mentega putih bisa membuat kulit kenyal dan sehat? Berikut ulasan cara pakai mentegaputih agar dapat berfungsi maksimal dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Mentega putih dipakai sebagai pengganti minyak.

Mentega putih dapat dijadikan sebagai bahan ganti minyak dalam menumis atau menggoreng makanan. Cita rasa makanan yang digoreng dengan mentega putih akan terasa lebih nikmat dibandingkan dengan pemakaian minyak biasa.

Mentega putih digunakan sebagai bahan icing.

Icing adalah pelapis bagian atas dari makanan. Seperti saat kita membuat kue tart, agar cream bagian atasnya mengkilap dan mudah dibentuk, maka bahan cream tersebut dicampur dengan mentega putih.

unsalted butter
Salah satu jenis mentega putih

Mentega putih sebagai bahan campuran kue.

Mentega putih sudah familiar dijadikan bahan campuran dalam pembuatan kue. Baik kue kering maupun kue bolu. Sebab penambahan mentega putih dapat membuat tekstur kue yang dibuat lebih empuk. Selain itu, mentega putih tidak memiliki rasa sehingga tidak akan mengubah cita rasa asli dari kue yang dibuat.

Mentega putih sebagai bahan olesan.

Jika kita ingin membuat sandwich, martabak atau sejenisnya, sebaiknya kita menggunakan mentega putih sebagai pengoles. Karena mentega putih akan membuat isi roti lengket sempurna sehingga tidak mudah lepas ketika dipotong-potong.

Ada cukup banyak merk mentega putih yang dapat kita gunakan. Namun untuk kota kecil seperti di tempat saya, mentega putih hanya tersedia di toko tertentu dan merk tertentu pula. Tentu akan lebih mudah jika kita membelinya secara online. Salah satu toko online yang menyediakan mentega putih unsalted butter adalah toko Wahab. Toko Wahab merupakan portal toko online yang menyediakan secara lengkap berbagai macam bahan makanan dengan harga murah. Yuk, segera bikin kue dan kirimkan hasilnya ke alamat saya, hehe.


Artikel Terkait
123456789101112131415

11 comments:

  1. Untuk urusan bikin kue, Toko Wahab oke ya, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bahan yang disediakan lengkap. Baru tahu setelah gagal bikin kue gara-gara salah bahan, hehehe.

      Delete
  2. Dari foto sukses bikin ngiler kok dibilang ancur mba :)
    Mungkin kalo salah resep sama kayak salah masukin rumus yah, hasil jadi gak pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kamuflase. Gambar yang difoto punya siswa tata boga bukan punya saya, hehehe.

      Delete
    2. psst jangan terlalu jujur mba :)

      Delete
  3. Bener kata Bang Day, roti sobek bagus gitu dibilang ancur... apa karena terasa asin karena pake mentega kuning?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang Doel. Sengaja kasih foto yang bagus, biar bisa ngiler. Padahal jepret punya siswa yang hasilnya paling bagus, hehehe.

      Delete
  4. Saya malah baru tau mentega putih heeeee. taunya mentega blueband wgwgw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya awalnya juga begitu. Dikira Mentega, margarin, butter adalah satu benda beda nama. Ternyata masing-masing berbeda, beda fungsi juga, hehehe.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya, :-)

~~falkhi~~