Custom Search

2018-10-06

TIPE-TIPE PELAMAR CPNS 2018

Masih berbicara tentang CPNS 2018. Mengapa? karena lingkungan di sekitar saya sedang sibuk dengan kegiatan yang bernama pendaftaran CPNS 2018. Nah, berdasarkan pengamatan terhadap para pelamar ternyata pelamar CPNS 2018 dapat dikelompokkan menjadi beberapa tipe. Tipe pelamar CPNS 2018 ini murni menurut pandangan dan pengamatan seorang falkhi, jadi boleh saja tidak setuju dengan apa yang saya tulis. Hehehe.

Sumber : sscn.bkn.go.id
 

Tipe pelamar pertama adalah tipe CUEK.

Pelamar tipe cuek biasanya adalah orang yang sudah memiliki tambatan hati di CPNS 2018. Eits, jangan salah dulu, maksud tambatan hati adalah formasi yang diinginkan. Keinginan ini membuat si tipe cuek mempersiapkan diri dengan membaca panduan, menyiapkan segala dokumen, dan segera melakukan pendaftaran setelah web dibuka.

Setelah membuka web, si cuek akan melakukan pendaftaran, memilih formasi tambatan hati, upload dokumen, dan klik menu proses akhir pendaftaran. Tanpa mendengarkan kehebohan dan kebingungan teman-temannya, si cuek akan segera menyudahi pendaftaran, menyimpan bukti, dan menunggu hasil pengumuman seleksi administrasi CPNS 2018 dengan tenang. Cool banget kan si cuek ini? 

Tipe pelamar kedua adalah tipe GALAU.

Pelamar tipe galau adalah pelamar yang masih jomblo formasi alias belum tahu akan memilih  penempatan dimana. Namanya juga jomblo, maka si galau akan sibuk lirik kanan kiri semua formasi penempatan dan membandingkan jumlah formasi dan jumlah pendaftar.

Si galau biasanya setiap saat selalu membuka web sscn pada halaman pencarian lowongan. Mengetikkan pendidikan dan mulai melihat berapa jumlah pendaftar di tiap tempat. Karena masih galau dengan formasi penempatan, maka tipe galau akan berlama-lama dalam mengakhiri proses pendaftaran. Ia baru akan mengakhiri pendaftaran ketika penutupan pendaftaran sampai pada detik-detik terakhir karena saat itulah jumlah pendaftar CPNS 2018 mendekati angka realita. Kalau mendekati deadline web malah gak bisa dibuka, bagaimana? Bisa galau berkali lipat, hehehe.   

Tipe pelamar ketiga adalah tipe HEBOH.

Pelamar tipe heboh biasanya adalah pelamar hore-hore alias ikut CPNS 2018 karena ingin meramaikan atau karena disuruh oleh orang lain. Namanya juga meramaikan kegiatan, maka si heboh jarang memiliki info yang valid terkait proses pendaftaran. Ia pastinya sudah memiliki gebetan formasi namun tidak tahu informasi tentang gebetannya.

Si heboh biasanya akan mengandalkan informasi dari teman-teman yang juga ikut mendaftar CPNS 2018. Berhubung banyaknya formasi di CPNS 2018 maka setiap formasi akan memiliki beberapa aturan yang berbeda. Nah, disinilah si heboh akan berpesta.

Contoh pesta si heboh seperti ini.

Si heboh saat melihat si A menyiapkan dokumen resep masakan, ia juga akan sibuk menyiapkan dokumen resep masakan. Ketika melihat si B menyiapkan gambar pola pakaian, ia juga heboh untuk menyiapkan gambar pola pakaian. Padahal si heboh tidak diminta menyiapkan resep masakan atau gambar pola sebab ia mendaftar di bagian teknisi yang justru seharusnya menyiapkan video bongkar pasang mesin sepeda motor. Ketika tahu apa yang seharusnya disiapkan, ia akan lebih heboh menyuruh teman-temannya untuk membantu menyiapkan. *duh duh, heboh deh...    

Tipe cuek, galau, dan heboh adalah kategori tipe-tipe pelamar CPNS 2018 yang berhasil saya amati sejauh ini. Baik dari pengamatan langsung maupun tidak langsung. Pengalaman tidak langsung biasanya saya dapat chat atau cerita pengalaman beberapa teman. 

Apapun tipenya, bagi teman-teman yang berkeinginan dan berniat untuk mendaftar di CPNS 2018, saya doakan mendapat hasil terbaik. Semoga lancar dan sukses. Aamiin.



Artikel Terkait
123456789101112131415