Custom Search

2015-09-13

PROSEDUR PENILAIAN KINERJA SEKOLAH

Penilaian kinerja sekolah dilakukan secara berkala dan terbuka dalam rangka membantu dan memberdayakan sekolah agar mampu mengembangkan sumberdaya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Adapun prosedur kegiatan penilaian kinerja di sekolah dalam Depdiknas (2005) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 



a.    Persiapan kunjungan
Sebelum tim penilai melakukan kunjungan ke sekolah, seyogyanya tim penilai mempelajari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan sekolah tersebut, sehingga penilai memiliki pengetahuan awal tentang kondisi sekolah tersebut. 


b.   Verifikasi data dan informasi
Kunjungan ke sekolah diawali dengan menemui kepala sekolah dan warga sekolah dan menyampaikan tujuan dari kunjungan, melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi atau cros chek terhadap data dan informasi baik kuantitatif maupun kualitatif yang sudah ada. Kegiatan klarifikasi, validasi, dan verifikasi tersebut dilakukan dengan cara membandingkan data dan informasi yang sudah ada dengan kondisi nyata di sekolah melalui pengamatan lapangan, wawancara, dan observasi kelas serta pencermatan ulang data pendukung.

c.   Klarifikasi temuan
Hasil temuan tim penilai yang tidak terjadi kesesuaian antara informasi dengan data lapangan perlu diklarifikasi dengan kepala sekolah. Klarifikasi temuan ini dimaksudkan untuk menyampaikan secara umum gambaran yang diperoleh tim penilai untuk setiap komponen dan aspek untuk dijadikan bahan perbaikan bagi sekolah di masa yang akan datang. 

d.   Penyusunan laporan
Berdasarkan hasil klarifikasi, verifikasi, dan validasi serta pendalaman terhadap data dan informasi, selanjutnya tim penilai menyusun laporan. Laporan individual ini memuat nilai dan catatan untuk maing-masing komponen atau aspek penilaian yang dibuat berdasarkan deskripsi yang telah ditetapkan.



Daftar Pustaka

Depdiknas. 2005. Kinerja Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. (online) (educatededucator.files.wordpress.com/2012/03/kinerja-sekolah.doc‎, di akses tanggal 05 September 2013).



Artikel Terkait
123456789101112131415