Custom Search

2013-12-14

PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN, MENGAPA?


Mengapa pengawas sekolah yang diberi gelar sebagai penjamin mutu pendidikan? Padahal selama ini guru yang lebih sering di dengung-dengungkan sebagai ujung tombak mutu pendidikan. Mengapa gelar penjamin mutu pendidikan kemudian tidak diberikan kepada guru? 


Pengawas sekolah adalah jabatan fungsional yang berlaku dalam lingkungan pendidikan formal dari tingkat pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar hingga sekolah menengah. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 21 tahun 2010 dijelaskan bahwa tugas pokok pengawas sekolah dalam bidang supervisi manajerial dan akademik meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan professional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus. 


Sebelumnya SK Menpan nomor 118 tahun 1996, Keputusan bersama Mendikbud nomor 03420/O/1996 dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara nomor 38 tahun 1996, dan Keputusan Mendikbud nomor 020/U/1998 menyatakan bahwa jabatan fungsional pengawas sekolah bertugas melaksanakan penilaian dan pembinaan terhadap satuan pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dengan penekanan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan hasil prestasi belajar siswa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.

Tugas yang diamanatkan kepada pengawas untuk bertanggung jawab pada sekolah binaannya inilah yang kemudian memunculkan gelar penjamin mutu pendidikan. Mengapa? Sebab dalam proses pelaksanaan tugas pokoknya pengawas adalah tempat bertanya, mengadu, dan mencurahkan permasalahan bagi para guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan yang lain ketika menemui kesulitan terkait dengan tugas pokoknya. 

Ketika terdapat perubahan dalam kebijakan kurikulum, maka pengawas adalah sosok penyemangat bagi guru untuk terus belajar menerima perubahan. Ketika terdapat perubahan dalam kebijakan pelaksanaan penyelenggaraan sekolah, maka pengawas adalah sosok pembimbing bagi kepala sekolah untuk memimpin proses pembelajaran disekolahnya. Ketika ada konflik antara kepala sekolah, guru dan tenaga pendidikan lain di sekolah, maka pengawas adalah mediator dalam meningkatkan kesadaran personil sekolah untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya sesuai dengan tuntutan kinerja tugas masing-masing tanpa adanya konflik.

Peran pengawas sekolah untuk menjaga fungsi setiap personel dan organisasi di sekolah agar berjalan sebagaimana mestinya adalah jaminan terjadinya proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Sehingga pengawas yang andal akan menggerakkan kepala sekolah yang visioner dalam penyelenggaraan pembelajaran disekolahnya. Kepala sekolah yang visioner akan memotivasi guru menjadi inspiratif di kelasnya. Guru yang inspiratif akan menciptakan anak-anak kreatif yang siap menghadapi tantangan kehidupan di masyarakat. Dengan demikian maka gelar penjamin mutu pendidikan pada seorang pengawas sekolah bukanlah tanpa alasan. Melainkan itu adalah hakikat sebenarnya dari sosok seorang pengawas sekolah.   



Artikel lain


Artikel Terkait
123456789101112131415