MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

KEMBALI SEPERTI DULU

KEMBALI SEPERTI DULU
Add Comments
2022-09-25
Kembali seperti dulu. Tiba-tiba kata itu terlintas di kepala saat teringat blog falkhi. Apa yang terjadi dengan blog falkhi di waktu lampau?



Blog falkhi lahir di tahun 2007 saat saya masih menjadi mahasiswa. Waktu itu saya tidak memiliki laptop, hp yang dimiliki pun masih tidak tersambung dengan internet. Jadinya segala macam isi yang ada diblog ditulis saat mengambil paket internet malam di warnet-warnet langganan. Kenapa harus malam? Karena waktu siang digunakan untuk kuliah, memberikan les dan duduk manis di UKM. Alhasil hanya ada waktu malam yang luang, apalagi paket internet malam harganya lebih murah. Semakin jatuh cinta lah sama paket internet malam, hehehe.

Sebab waktu berselancar internet yang tidak teratur membuat isi dari blog falkhi bolong-bolong. Begitu bisa tersambung dengan internet malah pikiran yang bolong. Hahaha. Akhirnya terpaksa mengisi blog dengan curahan hati atau puisi-puisi galau khas mahasiswa rantau.

Tahun-tahun tersebut tidak ada keterikatan antara saya dan blog. Yang penting punya blog dan bisa buat simpan tulisan. Itu saja.

Tahun 2009 ada perubahan. Saya sudah mulai memiliki laptop dan bekerja di tempat yang memiliki jaringan internet. Pola berkunjung ke blog mulai meningkat. 

Setahun setelahnya saya mengetahui bahwa untuk menjaring pembaca blog ada tips-tips yang harus dilakukan. Saya mulai belajar SEO, belajar menulis dan mulai bergabung dengan komunitas blogger. 

Perhatian ke blog falkhi mulai meningkat. Isi dari blog pun tidak lagi tentang curahan hati. Ada artikel-artikel yang memang dibuat untuk berbagi. Ada juga artikel yang sengaja diterbitkan untuk mendapatkan gaji. 

Blog mulai menjadi prioritas. Setiap hari dilihat berapa jumlah kunjungan dan rupiah yang didapat. Jika grafik kunjungan menurun, pikiran mulai mencari ide untuk menulis dan menerbitkan di blog. 

Lima belas tahun berlalu. Layaknya pernikahan, cinta dapat pudar dan binasa. Lalu, dua orang yang bersama bisa kembali seperti dulu. Dulu yang sama-sama belum kenal, dulu yang tidak memiliki keinginan untuk saling berkirim kabar. Ibaratnya kita masih menjadi aku dan kamu. Ternyata mempertahankan memang memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan dengan meraihnya.

Pun demikian dengan blog falkhi. Saya mulai    kehilangan arah dan minat untuk membuka blog. Berhari-hari saya tidak membuka blog dan waktu berlalu begitu saja. 

Mungkin waktunya saya mulai memupuk kembali. Cinta pada blog falkhi yang mulai pergi secara sembunyi-sembunyi. Agar tidak ada perceraian dalam pernikahan saya dan blog falkhi. 

Kembali seperti dulu. Kembali menulis curahan hati. Karena mungkin dengan begitu, cinta akan kembali. Dan blog falkhi dapat bersinar lagi. Aamiin.
Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com

  1. Thanks for your sharing, I'll waiting for your visite...

    ReplyDelete
  2. selamat datang kembali mbak, ke dunia blog . heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, semacam upacara penyambutan di gerbang blog ya, hehehe

      Delete
  3. Selamat kembali lagi mb. Saya juga lagi mengumpulkan semangat biar bisa konsisten menulis blog hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat nya lagi jalan-jalan di luar kendali ya bang, :)

      Delete