Custom Search

2014-05-29

BIAYA VS MUTU PENDIDIKAN

Biaya merupakan faktor penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Dimana biaya didefinisikan sebagai nilai besar dana yang diperkirakan perlu disediakan dalam suatu proses penyelenggaraan pendidikan. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi biaya pendidikan, antara lain : besar kecilnya institusi pendidikan, jumlah peserta didik, tingkat gaji guru yang disebabkan oleh bidang keahlian atau tingkat pendidikan, ratio peserta didik berbanding guru, kualifikasi guru, tingkat pertumbuhan penduduk, dan perubahan kebijakan penggajian. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi terhadap struktur biaya pendidikan yang meliputi biaya satuan pendidikan, biaya personal, dan biaya penyelenggaraan pendidikan  (Fatah, 2012: 5).
 
Sumber: texastribune.org

Peran dan faktor penting biaya dalam penyelenggaraan pendidikan, sebenarnya bukanlah faktor utama untuk menghasilkan keunggulan pendidikan. Sebagaimana definisi UNICEF dalam Fatah (2012: 61-62) yang menyebutkan bahwa mutu pendidikan mencakup lima hal pokok, yaitu:
1.    Quality learners, peserta didik memenuhi tingkat kebutuhan minimal agar siap belajar di sekolah.
2.    Quality learning environments, sekolah memiliki gedung atau kelas yang mendukung proses belajar mengajar.
3.    Quality contents, kurikulum yang sesuia untuk kebutuhan masa depan.
4.    Quality processes, proses pengajaran sesuai dengan pedagogis dan bersifat belajar “aktif”.
5.    Quality loutcomes, hasil mutu pendidikanmemenuhi standar mutu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Namun semakin besar jumlah biaya pendidikan akan lebih dimungkinkan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini didasarkan pada salah satu ciri pendidikan yang bermutu adalah jika satuan pendidikan tersebut memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, bagus, mendukung proses belajar mengajar, dan dapat dimanfaatkan oleh peserta didik secara optimal dalam usaha peningkatan kualitas peserta didik dalam belajar.

Dengan demikian dapat dikatakan tingkat biaya berkorelarasi linier dengan mutu pendidikan, atau semakin besar biaya pendidikan akan semakin bermutu pula suatu penyelenggaraan pendidikan. Dengan catatan adanya efisiensi dan efektivitas pemanfaatan biaya. Sebab keberhasilan dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu juga tidak terlepas dari perencanaan anggaran pendidikan dan pengalokasian dana pendidikan yang tepat sasaran dan efektif.


Pustaka
Fatah, Nanang. 2012. Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Artikel Terkait
123456789101112131415